Belajar Joomla CMS untuk Pemula

Belajar Joomla CMS untuk Pemula – Mungkin sebagian dari kita sudah mengenal istilah website dan bagaimana cara membangunnya. Tidak jarang juga kita sering mendengar istilah Content Management System (CMS).

CMS merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola konten website seperti teks, gambar, audio, video, dokumen dan sebagainya. Ada banyak jenis CMS yang tersedia di internet, salah satunya adalah Joomla.

Apa itu Joomla?

Joomla adalah sebuah Content Management System (CMS) open source yang digunakan untuk membuat website dan aplikasi online. Platform ini gratis dan dapat diperluas dengan template front-end dan back-end (administrator).

Joomla dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Object Oriented Programming, software design patterns, dan MySQL (digunakan untuk menyimpan data).

Tutorial ini akan membahas dasar-dasar Joomla sehingga kamu dapat belajar membuat website dengan mudah.

Tutorial ini dibagi menjadi beberapa bagian seperti Joomla Dasar, Joomla Menu, Joomla Modul, Joomla Pengaturan Global, dan Joomla Lanjutan. Setiap bagian ini berisi topik terkait dengan screenshot yang menjelaskan tampilan admin Joomla.

Audiens

Tutorial ini disiapkan untuk siapa saja yang memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS serta memiliki keinginan untuk belajar mengembangkan website. Setelah menyelesaikan tutorial ini, kamu akan merasa memiliki tingkat keahlian yang cukup dalam mengembangkan website menggunakan Joomla.

Persyaratan

Sebelum memulai belajar joomla, kami mengasumsikan bahwa kamu sudah mengenal dasar-dasar HTML dan CSS. Jika kamu belum sepenuhnya memahami konsep-konsep tersebut, maka kami sarankan kamu untuk melalui tutorial singkat kami tentang HTML dan CSS terlebih dahulu.

Sejarah Joomla

Sejarah Joomla dimulai dari platform Mambo CMS yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan di Australia pada tahun 2001. Pada tanggal 17 Agustus 2005, Joomla dirilis untuk pertama kalinya dan versi resmi Joomla 1.0 diluncurkan pada tanggal 22 September 2005.

Fitur Joomla

Joomla memiliki beberapa fitur bawaan (core features) yang sangat powerfull, diantaranya adalah User Manager, Content Manager, Banner Manager, Template Manager, Media Manager, Contact Manager, Web Link Manager, Search, Menu Manager dan RSS.

User Manager digunakan untuk mengelola informasi pengguna seperti izin untuk mengedit, mengakses, mempublikasikan, membuat atau menghapus pengguna, mengubah kata sandi dan bahasa.

Sedangkan Content Manager digunakan untuk mengelola konten menggunakan editor WYSIWYG untuk membuat atau mengedit konten dengan cara yang sangat sederhana.

Joomla juga menyediakan fitur Banner Manager untuk menambah atau mengedit banner pada website.

Template Manager digunakan untuk mengelola desain yang digunakan pada website. Template dapat diterapkan tanpa mengubah struktur konten dalam beberapa detik.

Media Manager merupakan alat untuk mengelola file dan folder media di mana kamu dapat dengan mudah mengunggah, mengorganisir, dan mengelola file media kamu ke dalam alat editor artikel kamu.

Contact Manager memungkinkan untuk menambahkan kontak dan mengelola informasi kontak pengguna tertentu.

Selain itu, Joomla juga menyediakan Web Link Manager, yang merupakan sumber link untuk pengguna situs dan dapat disortir menjadi kategori.

Fitur Search memungkinkan pengguna untuk mencari informasi yang sesuai di situs. kamu dapat menggunakan indeks cerdas, opsi pencarian lanjutan, pencarian saran otomatis untuk membuat pencarian Joomla terbaik.

Sedangkan Menu Manager digunakan untuk membuat menu dan item menu dan dapat dikelola secara berkelanjutan. kamu dapat menempatkan menu dalam gaya apa pun dan di beberapa tempat.

Terakhir, Joomla juga menyediakan fitur RSS yang membantu konten situs dan file RSS kamu diperbarui secara otomatis.

Dengan semua fitur bawaan tersebut, Joomla menjadi salah satu CMS terbaik yang tersedia di internet dan banyak digunakan oleh developer dan pengguna website.

Dalam membangun sebuah website, Joomla sangat membantu untuk mengelola konten dan memberikan tampilan website yang menarik dan mudah untuk diakses oleh pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Joomla

Mengapa Joomla sangat menarik? Pertama, Joomla gratis dan mudah untuk diunduh. Selain itu, Joomla menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang memudahkan pengguna untuk mengedit konten. Dalam hal keamanan, Joomla juga cukup andal karena mencegah orang lain mengedit data.

Joomla juga menyediakan template yang sangat fleksibel dan mudah digunakan. Template ini dapat diubah sesuai dengan keinginan pengguna dan dapat dipasang dalam hitungan detik tanpa mengubah struktur konten yang telah dibuat. Selain itu, Joomla menyediakan alat untuk membuat menu dan menu item yang dapat dikelola dengan mudah.

Namun, Joomla juga memiliki kekurangan. Meskipun Joomla kompatibel dengan semua browser, tetapi penggunaan banyak modul, ekstensi, dan plugin bisa menimbulkan masalah kompatibilitas.

Selain itu, tidak semua plugin dan modul gratis. Proses pengembangan juga cukup sulit dan memakan waktu ketika ingin mengubah tata letak situs web. Terakhir, Joomla juga kurang SEO friendly sehingga sulit bagi pengguna untuk meningkatkan peringkat situs web mereka di mesin pencari.

Contoh Website dengan CMS Joomla

Beberapa contoh website yang dapat dibuat dengan Joomla adalah website korporat atau portal, intranet dan extranet perusahaan, majalah online, surat kabar, dan publikasi online, e-commerce dan reservasi online, aplikasi pemerintah, website bisnis kecil, website nirlaba dan organisasi, portal berbasis komunitas, website sekolah dan agama, dan halaman rumah pribadi atau keluarga.

Untuk website bisnis kecil, Joomla dapat membantu pemilik bisnis untuk membuat website dengan fitur yang lengkap dan mudah diakses oleh pelanggan. Joomla juga memiliki banyak template yang dapat digunakan untuk membuat website yang menarik dan profesional.

Untuk organisasi nirlaba, Joomla dapat membantu dalam mengumpulkan donasi dan meningkatkan kehadiran organisasi di dunia maya. Dengan Joomla, organisasi dapat membuat website yang menarik dan mudah diakses oleh para anggota dan pengunjung.

Untuk website personal atau keluarga, Joomla dapat membantu dalam membuat website untuk membagikan cerita, foto, dan pengalaman keluarga kepada teman dan keluarga yang lain. Dengan Joomla, pengguna dapat membuat website yang mudah diakses dan menarik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *