Pengertian Multitasking pada Sistem Komputer

Diposting pada

Pengertian Multitasking pada Sistem Komputer – Artikel ini membahas tentang evolusi dari sistem operasi komputer dan bagaimana sistem operasi tersebut digunakan untuk meningkatkan efisiensi CPU (Central Processing Unit).

Pada awalnya, komputer hanya dapat melakukan satu tugas pada satu waktu, yang menyebabkan CPU tidak digunakan secara efisien.

Pada tahun 1950, sistem operasi batch pertama dikenalkan, yang dapat mengeksekusi beberapa tugas dalam bentuk kartu punch.

Namun, sistem ini tidak efisien karena banyak waktu yang terbuang saat menunggu sumber daya I/O.

Pada tahun 1960, sistem operasi baru dikembangkan, yang dikenal sebagai sistem operasi multiprogramming. Ini memungkinkan beberapa program untuk dijalankan secara bersamaan, meningkatkan efisiensi CPU.

Kemudian, konsep multitasking dikembangkan, yang memungkinkan lebih dari satu tugas untuk dijalankan secara bersamaan.

Dalam sistem ini, tugas-tugas dikenal sebagai proses, dan berbagi sumber daya pemrosesan seperti CPU.

Namun, dalam komputer dengan satu CPU hanya satu tugas yang dapat dijalankan pada satu waktu.

Pengertian Sistem Operasi Multitasking

Pengertian Multitasking pada Sistem Komputer

Istilah multitasking digunakan dalam sistem komputer modern.Multitasking adalah ekstensi logis dari sistem multiprogramming yang mendukung banyak program untuk dijalankan secara bersamaan.
Dalam multitasking, lebih dari satu tugas dijalankan pada waktu yang sama. Dalam teknik ini, banyak tugas, juga dikenal sebagai proses, berbagi sumber daya pemrosesan umum seperti CPU.
Baca juga: Pengertian Sistem Operasi Multitasking dan Contohnya
Dalam kasus komputer dengan CPU tunggal, hanya satu pekerjaan yang dapat diproses dalam satu waktu.
Multitasking memecahkan masalah dengan menjadwalkan dan memutuskan tugas mana yang harus menjadi tugas yang sedang berjalan dan kapan tugas menunggu harus mendapat giliran.
Upaya ini dilakukan dengan bantuan interupsi (sinyal) yang dihadiri oleh CPU dengan mengesampingkan aktivitas saat ini, menyimpan statusnya saat ini dalam buffer dan mengembalikan ke pekerjaan penting lainnya tugas apa pun yang dilakukannya sebelumnya.
Tindakan menugaskan kembali CPU dari satu tugas ke tugas lainnya dikenal sebagai pengalihan konteks.

Proses mengalihkan CPU dari satu tugas ke tugas lain dikenal sebagai context switch.

Multitasking dikembangkan untuk memberikan penggunaan interaktif komputer. Ini menggunakan pengaturan CPU dan multiprogramming untuk memberikan setiap pengguna dengan bagian kecil dari komputer yang dibagikan waktu.

Dengan demikian, multitasking memanfaatkan sebaik mungkin perangkat keras yang tersedia pada setiap saat dan meningkatkan efisiensi sistem komputer secara keseluruhan.

Baca juga : Pengertian Time Sharing Pada Sistem Operasi

Ada dua jenis sistem operasi multitasking yaitu Pre-Emptive Multitasking OS dan Cooperative Multitasking OS, yang berbeda dalam cara kerja dalam membagikan waktu proses.

Cooperative Multitasking OS: Dalam sistem operasi ini, proses harus memberikan kendali secara sukarela kepada sistem operasi agar sistem operasi dapat menjalankan tugas lain. Ini berarti bahwa jika proses tidak memberikan kendali, maka sistem operasi tidak dapat menjalankan tugas lain dan akan menyebabkan kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *