Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 2070

Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 2070

Diposting pada

Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 2070 – Siapa yang tidak mengenal kartu grafis NVIDIA? Salah satu varian kartu grafis NVIDIA yang cukup populer adalah NVIDIA GeForce RTX 2070. Kartu grafis ini diluncurkan pada tahun 2018 dan memiliki spesifikasi yang sangat menarik.

Pertama-tama, NVIDIA GeForce RTX 2070 dilengkapi dengan prosesor grafis (GPU) bernama TU106. GPU ini memiliki variant TU106-400A-A1 dengan arsitektur Turing. Arsitektur Turing memungkinkan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 untuk memproses gambar dengan lebih cepat dan akurat. Dengan demikian, kamu dapat memainkan game dengan visual yang lebih tajam dan lancar.

Selain itu, NVIDIA GeForce RTX 2070 dibuat di pabrik TSMC dengan ukuran proses 12 nm. Hal ini membuat kartu grafis ini memiliki transistors sebanyak 10,800 juta dan kepadatan sekitar 24,3 juta per mm². Kecepatan prosesor pada kartu grafis ini mencapai 1410 MHz dan dapat ditingkatkan hingga 1620 MHz saat digunakan dalam mode boost.

Dalam hal ukuran, NVIDIA GeForce RTX 2070 memiliki die size 445 mm². Chip package yang digunakan adalah BGA-2228 yang memungkinkan kartu grafis ini untuk terhubung dengan motherboard dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga dilengkapi dengan teknologi ray-tracing dan AI yang memungkinkan kamu untuk memainkan game dengan kualitas grafis yang sangat tinggi. Teknologi ray-tracing memungkinkan kartu grafis ini untuk menghasilkan bayangan yang lebih realistis dan pencahayaan yang lebih baik.

Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 juga mendukung teknologi VR (virtual reality) yang memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman bermain game yang lebih imersif. Dalam hal port, kartu grafis ini dilengkapi dengan 3 buah port DisplayPort dan 1 buah port HDMI.

Graphics Card

NVIDIA GeForce RTX 2070 dirilis pada tanggal 17 Oktober 2018 sebagai bagian dari generasi kartu grafis NVIDIA GeForce 20. Kartu grafis ini menggantikan NVIDIA GeForce 10 yang telah menjadi pilihan para gamers selama beberapa tahun terakhir.

Selain memiliki spesifikasi yang lebih baik, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya. Pada saat peluncurannya, kartu grafis ini dijual dengan harga sekitar 499 USD.

Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 dapat terhubung dengan motherboard melalui PCIe 3.0 x16, yang merupakan bus interface terbaru dan tercepat pada saat itu. Dengan PCIe 3.0 x16, kartu grafis ini dapat mengirimkan data dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Saat ini, NVIDIA GeForce RTX 2070 masih diproduksi dan masih menjadi pilihan yang sangat menarik bagi para gamers. Meskipun telah hadir generasi baru kartu grafis NVIDIA GeForce 30, NVIDIA GeForce RTX 2070 masih dapat memproses game dengan baik pada kebanyakan game terkini dengan pengaturan grafis yang tinggi. Hal ini membuat kartu grafis ini menjadi pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang mencari kartu grafis yang memiliki kinerja tinggi dengan harga yang terjangkau.

Dalam hal kecepatan prosesor dan daya pengolahan, NVIDIA GeForce RTX 2070 memiliki kemampuan yang sangat tinggi dan sangat cocok untuk digunakan pada aplikasi atau game yang membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi. Kinerja yang sangat baik pada kartu grafis ini membuatnya dapat menjadi solusi bagi mereka yang mencari kartu grafis yang tangguh namun tetap dalam kisaran harga yang terjangkau.

Clock Speeds & Memori

Selain itu, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga memiliki kecepatan clock yang cukup tinggi. Kartu grafis ini memiliki base clock sebesar 1410 MHz dan boost clock sebesar 1620 MHz. Kecepatan clock yang tinggi pada kartu grafis ini memungkinkannya untuk memberikan kinerja yang cepat dan responsif saat bermain game atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.

NVIDIA GeForce RTX 2070 juga dilengkapi dengan memori sebesar 8 GB dan menggunakan tipe memori GDDR6. Memori ini dapat berjalan pada kecepatan clock sebesar 1750 MHz atau setara dengan 14 Gbps effective. Kartu grafis ini juga memiliki lebar bus memori sebesar 256 bit dan bandwidth sebesar 448.0 GB/s, yang menjadikannya sangat mumpuni dalam menangani tugas-tugas yang membutuhkan akses data yang cepat dan efisien.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh beberapa situs teknologi, NVIDIA GeForce RTX 2070 terbukti sangat tangguh dalam menghadapi game-game terbaru. Kartu grafis ini mampu memberikan performa yang sangat baik pada resolusi 1440p dengan pengaturan grafis yang tinggi. Bahkan, pada beberapa game tertentu, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga mampu memberikan kinerja yang baik pada resolusi 4K.

Selain itu, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga dilengkapi dengan fitur-fitur khusus seperti ray tracing dan DLSS (Deep Learning Super Sampling) yang dapat memberikan pengalaman visual yang lebih baik dan realistis pada game-game terbaru yang mendukung teknologi ini. Hal ini menjadikan kartu grafis ini sebagai pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang mencari kinerja yang tinggi dengan fitur-fitur khusus yang tidak dimiliki oleh kartu grafis lainnya.

Board Design

Selain spesifikasi yang telah disebutkan sebelumnya, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga memiliki desain board yang sangat efisien dan efektif. Kartu grafis ini dirancang dengan lebar slot dual-slot yang membuatnya mudah dipasang pada kebanyakan sistem komputer. Selain itu, ukuran panjangnya sebesar 229 mm atau sekitar 9 inci, lebar sebesar 113 mm atau sekitar 4,4 inci, dan tinggi sebesar 35 mm atau sekitar 1,4 inci. Ukuran kartu grafis yang cukup kompak ini memungkinkan pengguna untuk menggunakannya pada sistem komputer yang memiliki ruang terbatas.

NVIDIA GeForce RTX 2070 memiliki TDP atau Thermal Design Power sebesar 175 W, yang berarti kartu grafis ini membutuhkan daya yang cukup besar untuk beroperasi dengan baik. Oleh karena itu, NVIDIA merekomendasikan pengguna untuk menggunakan power supply dengan kapasitas sebesar 450 W atau lebih besar agar kartu grafis ini dapat berjalan dengan stabil dan optimal.

Kartu grafis ini juga dilengkapi dengan beberapa output yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkannya dengan berbagai perangkat display. NVIDIA GeForce RTX 2070 memiliki satu port DVI, satu port HDMI 2.0, dua port DisplayPort 1.4a, dan satu port USB Type-C. Pengguna dapat menggunakan salah satu atau beberapa output ini untuk menghubungkan kartu grafis dengan monitor, televisi, atau perangkat display lainnya.

NVIDIA GeForce RTX 2070 juga memiliki satu buah power connector sebesar 8-pin yang digunakan untuk memberikan daya pada kartu grafis. Selain itu, kartu grafis ini memiliki board number dengan kode PG160 SKU 52 yang membedakan kartu grafis ini dari varian lainnya.

Baca : Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti

Render Config

NVIDIA GeForce RTX 2070 dilengkapi dengan berbagai teknologi baru yang memungkinkan pengguna untuk merasakan kinerja yang lebih baik pada sistem komputer mereka. Salah satu teknologi yang menjadi andalan kartu grafis ini adalah Tensor Cores dan RT Cores.

Tensor Cores pada NVIDIA GeForce RTX 2070 adalah unit pemrosesan yang didesain khusus untuk melakukan operasi matematika pada arus data floating-point 16-bit dan 32-bit. Tensor Cores memungkinkan kartu grafis ini untuk melakukan operasi deep learning dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada kartu grafis sebelumnya. Pada GeForce RTX 2070, terdapat 288 Tensor Cores yang dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi seperti rendering 3D, video editing, dan machine learning.

Selain Tensor Cores, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga dilengkapi dengan RT Cores. RT Cores adalah unit pemrosesan yang dirancang khusus untuk mendukung teknologi ray tracing pada kartu grafis NVIDIA terbaru. RT Cores memungkinkan pengguna untuk menghasilkan efek pencahayaan dan bayangan yang lebih realistis pada game dan aplikasi yang didukung oleh teknologi ray tracing.

NVIDIA GeForce RTX 2070 juga dilengkapi dengan L1 dan L2 cache yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan akses data pada kartu grafis. L1 Cache memiliki kapasitas sebesar 64 KB per SM (Streaming Multiprocessor), sementara L2 Cache memiliki kapasitas sebesar 4 MB. Cache yang lebih besar pada kartu grafis ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga meningkatkan kinerja pada game dan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan data yang kompleks.

Selain itu, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga dilengkapi dengan 2.304 shading units, 144 TMUs (Texture Mapping Units), dan 64 ROPs (Raster Operation Units). Kartu grafis ini juga memiliki 36 SMs (Streaming Multiprocessors) yang memungkinkan pengguna untuk menikmati kinerja yang lebih baik pada game dan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan grafis yang kompleks.

Theoretical Performance

NVIDIA GeForce RTX 2070 hadir dengan spesifikasi yang sangat canggih dan mampu menghasilkan kinerja yang sangat baik pada game dan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan grafis yang kompleks. Salah satu aspek yang sangat menentukan dalam menilai kinerja sebuah kartu grafis adalah performa teoretis yang dimilikinya. NVIDIA GeForce RTX 2070 hadir dengan performa teoretis yang sangat kuat dan mampu menangani tugas pemrosesan grafis yang kompleks dengan sangat baik.

Dalam hal performa teoretis, NVIDIA GeForce RTX 2070 memiliki pixel rate sebesar 103,7 GPixel/s dan texture rate sebesar 233,3 GTexel/s. Angka ini menunjukkan bahwa kartu grafis ini mampu menangani pemrosesan grafis yang sangat kompleks dengan sangat cepat dan akurat.

Selain itu, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga memiliki performa floating-point (FP) yang sangat baik. Kartu grafis ini dapat menghasilkan performa FP16 (half) sebesar 14,93 TFLOPS dengan rasio 2:1 dan performa FP32 (float) sebesar 7,465 TFLOPS. Performa FP16 (half) dan FP32 (float) yang dimiliki NVIDIA GeForce RTX 2070 memungkinkan kartu grafis ini untuk menangani tugas pemrosesan grafis yang kompleks dengan sangat baik.

Meskipun performa FP64 (double) yang dimiliki NVIDIA GeForce RTX 2070 tidak sebaik performa FP16 (half) dan FP32 (float), tetapi kartu grafis ini tetap mampu menghasilkan performa FP64 (double) sebesar 233,3 GFLOPS dengan rasio 1:32. Performa ini memungkinkan kartu grafis ini untuk menangani tugas pemrosesan data numerik yang kompleks dengan cukup baik.

Fitur

Salah satu kelebihan dari kartu grafis ini adalah dukungannya terhadap DirectX 12 Ultimate (12_2), OpenGL 4.6, OpenCL 3.0, Vulkan 1.3, CUDA 7.5, dan Shader Model 6.7. Hal ini memungkinkan kartu grafis ini untuk memberikan performa yang luar biasa dalam memainkan game dan menjalankan aplikasi berat seperti video editing, rendering 3D, dan lainnya.

Kartu grafis ini dilengkapi dengan GPU Name TU106 yang merupakan salah satu varian dari arsitektur Turing. Prosesor grafis ini memiliki 2304 Shading Units, 144 TMUs, 64 ROPs, dan 36 SM Count. Selain itu, kartu grafis ini juga dilengkapi dengan 288 Tensor Cores dan 36 RT Cores yang memungkinkan pengguna untuk melakukan rendering grafis secara real-time.

Selain itu, NVIDIA GeForce RTX 2070 juga mendukung teknologi Ray Tracing yang memungkinkan pengguna untuk membuat grafis dengan kualitas yang lebih tinggi. Teknologi ini memungkinkan kartu grafis untuk menghasilkan efek cahaya dan bayangan yang lebih realistis, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman bermain game dan menonton film yang lebih memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *